Mengapa Meteorologi Penting?

Kali ini saya akan membahas sedikit tentang pengetahuan yang menjadi latar belakang pendidikan saya. Mungkin dari beberapa teman – teman ada yang belum pernah mendengar atau bahkan sudah mendengar tetapi belum mengenal.

Apa sih meteorologi itu?

Meteorologi merupakan gabungan dari dua kata Yunani, yaitu “meteoros” yang memiliki arti benda – benda yang berada di udara dan “logos” yang memiliki arti pengetahuan. Meteorologi sendiri didefinisikan sebagai ilmu pengetahuan yang mempelajari proses fisis atmosfer bumi dan gejala cuaca yang terjadi di dalamnya, terutama yang terjadi pada lapisan troposfer.

Ilmu meteorologi sangat bergantung pada kegiatan yang disebut sebagai observasi atau pengamatan. Pengamatan dilakukan untuk mendapatkan data dari parameter-parameter berpengaruh pada perubahan kondisi atmosfer dalam jangka waktu pendek yang kemudian dilakukan analisis sehingga dihasilkan prakiraan cuaca yang bermanfaat untuk di terapkan di segala bidang kehidupan.

Paremeter meteorologi yang diamati antara lain adalah:

  • Suhu (Temperature)
  • Tekanan  (Pressure)
  • Angin (Wind)
  • Penguapan (Evaporation)
  • Awan (Cloud)
  • Hujan (Rain)
  • Cuaca (Weather)
  • Penglihatan mendatar (Visibility)
  • Penyinaran matahari (Sun)
  • Kelembapan (Humidity)
  • Keadaan tanah seperti misalnya apakah tanah tersebut lembab, kering, basah, dll.

Dalam tahun belakangan ini, kajian meteorologi telah berkembang dengan luas, mulai dari permukaan tanah sampai dengan atmosfer bumi dan angkasa luar. Bagian ilmu yang sangat luas dari meteorologi dinamakan ilmu pengetahuan atmosfer.

Meteorologi memerlukan kerja sama yang bersifat internasional, terutama dengan negara – negara tetangga. Hal ini disebabkan atmosfer dan laut kita saling berhubungan dan saling mempengaruhi dengan atmosfer dan laut negara lain. Kerja sama ini direalisasikan dengan didirikannya Organisasi Meteorologi Dunia atau yang lebih dikenal dengan World Meteorological Organization (WMO). Oleh karena itu, Organisasi ini menjadikan tanggal 23 Maret sebagai Hari Meteorologi Dunia dengan tema yang selalu berganti setiap tahunnya seiring dengan masalah meteorologi yang sedang dihadapi

Apa ada kaitan meteorologi dengan dunia penerbangan?

Khusus di bidang penerbangan, informasi meteorologi sangat diperlukan untuk keperluan pesawat saat take off dan landing serta saat berada di udara. Tidak semua parameter meteorologi diperlukan untuk keperluan penerbangan, hanya unsur-unsur tertentu saja, diantaranya Arah dan kecepatan angin, penglihatan mendatar, awan, kondisi cuaca terkini, suhu udara, tekanan udara, suplemantary element.

Informasi seperti diatas biasanya di dalam penerbangan disebut dengan QAM atau Weather Report. Informasi tersebut di berikan oleh seorang pengamat atau observer kepada ATC (Air Traffic Controller) setiap 1/2 jam sekali atau tergantung membaik atau memburuknya cuaca. Setelah pengamat atau observer memberikan data QAM tersebut kepada Air Traffic Controller (ATC) , baru ATC menyampaikan informasi cuaca tersebut kepada Pilot, yang akan digunakan untuk keperluan take off, landing ataupun on the route.

Bagaimana meteorologi dengan pertanian?

Kegiatan pertanian yang merupakan salah satu tulang punggung ekonomi Indonesia hanya dapat berhasil dengan baik jika kondisi meteorologi ikut diperhatikan dan diperhitungkan terutama daerah transmigrasi yang baru dibuka, dan untuk tanaman yang peka terhadap cuaca dan iklim.

Itulah mengapa meteorologi menjadi sangat penting di Indonesia bahkan di seluruh penjuru dunia.

Semoga bermanfaat.

3 tanggapan untuk “Mengapa Meteorologi Penting?

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: