Perbedaan Data dan Informasi Dalam Bidang Meteorologi

Hai gengs, kali ini saya akan membahas sedikit mengenai hal yang paling mendasar tetapi sering terdapat kekeliruan dalam mengartikannya. Bahkan kekeliruan ini sering saya jumpai setiap hari di lingkungan sekitar saya loh. Hal yang paling mendasar tersebut adalah data dan informasi. Dua hal yang berbeda tetapi masih saja terdapat kekeliruan dalam mengartikannya. Teman – teman pasti sudah banyak yang tahu perbedaan data dengan informasi.

Pengertian data

Data merupakan catatan atas kumpulan fakta. Dalam penggunaan sehari-hari data berarti suatu pernyataan yang diterima secara apa adanya karena belum ada proses pengolahan. Pernyataan ini adalah hasil pengukuran atau pengamatan suatu variabel yang bentuknya dapat berupa angka, kata-kata, atau citra yang dapat digunakan untuk dijadikan suatu informasi

Data meteorologi

Dalam bidang meteorologi, data dihasilkan dari alat – alat meteorologi baik itu dihasilkan dari peralatan otomatis maupun peralatan konvensional.

Contoh sederhana data meteorologi:

Seorang pengamat meteorologi membaca angka yang tercatat pada termometer maksimum sebesar 34.2 °C. Angka yang dihasilkan dari pembacaan alat tersebut merupakan hasil pengukuran termometer maksimum atau yang disebut data suhu maksimum.

Pengertian Informasi

Informasi merupakan hasil pengolahan data yang sudah dapat diterima oleh akal pikiran penerima informasi yang nantinya dapat digunakan untuk pengambilan keputusan. Informasi dapat berupa hasil gabungan, hasil analisa, hasil penyimpulan, dan juga hasil pengolahan sistem informasi komputerisasi.

Informasi meteorologi

Dalam bidang meteorologi, informasi dihasilkan berdasarkan analisa seorang prakirawan ataupun pengolahan sistem komputerisasi yang dibuat dari data meteorologi. Ada banyak sekali informasi meteorologi yang dihasilkan.

Contoh sederhana informasi meteorologi:

Seorang prakirawan meteorologi membuat informasi prakiraan cuaca berdasarkan data pengamatan meteorologi. Informasi prakiraan cuacanya adalah Jakarta Pusat dini hari akan berawan dengan suhu udara berkisar antara 25 – 31 °C.

Nah dari pengertian dan contoh diatas dapat disimpulkan perbedaan data dan informasi yaitu :

  • Data lebih cenderung kepada penjelasan singkat yang belum menjelaskan sebuah peristiwa. Data juga tidak bisa digunakan untuk pengambilan keputusan sedangkan informasi adalah hasil pengolahan dari data yang dapat digunakan untuk pengambilan keputusan.
  • Data merupakan hal yang detail dan bersifat teknis, sedangkan informasi menghasilkan penjelasan yang dapat dipakai untuk mengambil keputusan. Data meteorologi merupakan penjelasan yang bersifat mentah, tetapi informasi meteorologi akan dipakai oleh masyarakat untuk mengambil suatu keputusan.

Mungkin itu saja penjelasan singkat dari saya. Jika ada kesalahan itu datangnya dari saya dan kebenaran datangnya dari Allah. Semoga dapat bermanfaat.

2 tanggapan untuk “Perbedaan Data dan Informasi Dalam Bidang Meteorologi

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: