Install JDK (Java Development Kit)

Selamat malam.

Seperti yang kita ketahui dari postingan – postingan sebelumnya (red: Big Data & Hadoop) bahwa teman – teman yang kerjanya menangani data yang jumlahnya sangat besar dan beraneka macam jenisnya , tidak akan terlepas dari yang namanya hadoop. Sebelum kita menginstall hadoop ternyata ada yang harus kita install terlebih dahulu. Kita harus menginstall JDK (Java Development Kit). Alasannya apa harus menginstal java? Jawabannya karena framework software apache hadoop ditulis dengan menggunakan bahasa pemograman Java sehingga kita membutuhkan yang namanya JDK.

JDK itu apa sih?

Java Development Kit adalah software environment yang berisi tools yang dibutuhkan untuk pengembangan aplikasi Java. Tools yang tersedia di dalam JDK sudah termasuk Java Runtime Environment, interpreter, compiler, archiver, dokumentasi generator dan tools yang lainnya untuk pengembangan Java.

Tidak perlu panjang lebar lagi, saya rasa teman – teman yang berlatar pendidikan IT pasti sudah lebih paham dari apa yang sedang saya pelajari saat ini :-). JDKnya bisa langsung download link di bawah ya gan. Saya download yang versi Windows x64.

Download JDK

Link download: http://www.oracle.com/technetwork/java/javase/downloads/jdk8-downloads-2133151.html

Jangan lupa men-check Accept License Agreement ya, lalu pilih versi yang diinginkan. Saya memilih jdk-8u181-windows-x64.exe. Jika sudah selesai download, teman – teman bisa membuka programnya untuk melakukan proses install.

Install JDK

Installnya cukup mudah kok, tinggal klik Next saja sampai proses installasi selesai.

Jika sudah selesai bisa langsung klik close untuk menutup program installasi. Setelah itu kita perlu mengatur path-nya.

Setting path JDK

Mari kita cari lokasi folder jdk dan bin-nya  yang sudah kita install, lalu copy path-nya. Pada pc saya lokasinya berada di C:\Program Files\Java\jdk1.8.0_181\bin

Setelah di-copy path-nya, mari kita buka Control Panel\System and Security\System, lalu pilih Advanced system setting dan akan muncul layar baru seperti gambar di bawah lalu kita pilih Environment Variables.

Setelah itu kita tambahankan user variables baru dengan klik New.

Lalu kita isi nama variabelnya JAVA_HOME dan paste path jdk yang sudah kita copy tadi. Jika sudah klik OK.

 

Setelah itu kita edit path pada system variable, lalu pilih OK.

Akan muncul layar baru seperti gambar di bawah ini. Lalu kita tambahkan dengan klik New dan paste path bin dalam folder jdk yang sudah kita copy tadi. Jika sudah pilih OK.

Jika sudah semua klik OK sampai semua layar system properties tidak tampil lagi. Setelah itu kita bisa memastikan kembali installasi jdk dan setting path sudah berhasil. Kita bisa buka CMD (Command Prompt) lalu ketikkan javac -version, jika berhasil akan muncul seperti gambar di bawah ini.

Okay, kita sudah selesai. Sekian dulu postingan blog kali ini. Semoga bisa bermanfaat  untuk teman – teman semua. Terima kasih 🙂 .

Satu tanggapan untuk “Install JDK (Java Development Kit)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: