Pull & Push Bitbucket

Kali ini saya akan membagikan pengalaman cara menyimpan project aplikasi web menggunakan bitbucket repository karena pada awalnya saya agak bingung dalam menggunakan repository tersebut.

Mengapa harus bitbucket?

Sebenarnya sama saja bitbucket dengan github, karena project yang saya kerjakan itu project aplikasi yang sifatnya closed source sehingga membutuhkan private repository yang bisa bekerja bersamaan dengan tim tanpa perlu mengeluarkan biaya.

Push dan Pull

Ada dua perintah umum dan penting untuk kita gunakan, yaitu push digunakan untuk meletakkan project dan pull digunakan untuk mengambil project

Buat Akun dan Repository

Create Account Bitbucket
Buat akun baru

Dalam membuat akun, saya menyarankan melalui sign up google untuk kemudahan, selanjutnya kita bisa sign in menggunakan google dan kita bisa membuat repository. Yang dimaksud repository disini adalah tempat penyimpanan dari source code project kita.

Pilih tanda positif
Pilih tanda positif
Pilih repository
Pilih repository
Buat repository beserta namanya dengan akses private

Meletakkan Project ( Push )

Sekarang kita telah siap untuk melakukan proses upload source code project ke dalam repository bitbucket. Sebelum memulai pastikan teman – teman sudah menginstall git terlebih dahulu ya. Jika sudah kita bisa arahkan ke folder project anda. Pada kesempatan kali ini saya menggunakan windows ya.

GIt bash here
Arahkan folder yang dipilih dan Git Bash Here

Setelah itu kita dapat menambahkan dengan menuliskan perintah git init, dimana perintah ini berfungsi untuk membuat subdirektori baru bernama .git di folder project kita.

Perintah git init
Perintah git init

Setelah itu di halaman repository bitbucket anda, copy link repository, lalu di terminal git kita ketik perintah git remote add origin [alamat_repository]

copy alamat repository
copy alamat_repository

Setelah itu kita tambahkan perintah git add * yang berfungsi menambahkan semua source code yang ada pada repository, lalu tambahkan perintah git commit -m “Initial Commit”, initial commit disini hanya merupakan komentar dan dapat kita ubah misalkan menjadi commit -m “Push Pertama”

git add *
Git add *
commit initial pertama
git commit -m “initial commit”

Lalu perintah terakhir adalah git push -u origin master, lalu kita inputkan password bitbucketnya.

Git push -u origin master
git push

Pastikan project sudah berhasil diletakkan

Untuk melihat apakah source code project kita telah berhasil diletakkan, kita dapat memilih menu source, kemudian memastikan apakah file source code telah tampil

cek source code berhasil
Cek project

Mengambil project ( Pull )

Untuk menguji proses pull ini, kita dapat melakukan perubahan di source code project anda di komputer, lalu menambahkan perintah git pull origin master, dimana perintah ini akan mengambil source code dari bitbucket. Apabila perubahan yang anda telah lakukan di komputer telah kembali, berarti proses pull telah berhasil.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: