Digital Talent Scholarship 2019

Awalnya sih cuma iseng ikutan buat akun disini, tapi ternyata..

Digital Talent Scholarship 2019

Sedikit cerita dulu ya. Jadi Program Digital Talent Scholarship Tahun 2019 (DTS 2019) merupakan program pengembangan sumber daya manusia (SDM) yang dilaksanakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) sebagai bagian dari program pembangunan prioritas nasional.

Program pelatihan kompetensi DTS 2019 ditujukan untuk meningkatkan keterampilan (up-skilling) SDM bidang Komunikasi dan Informatika sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan daya saing bangsa.

Program DTS 2019 secara garis besar dibagi menjadi empat akademi, yaitu:

  1. Fresh Graduate Academy (FGA) , program pelatihan bagi lulusan D3, D4 dan S1 bidang TIK dan MIPA, terbuka bagi penyandang disabilitas;
  2. Vocational School Graduate Academy (VSGA) , program pelatihan bagi lulusan SMK;
  3. Coding Teacher Academy (CTA) , program pelatihan bagi para guru yang mengajar bidang TIK pada SMK, SMA, SMALB, dan Madrasah Aliyah (Terbuka bagi Guru PNS dan Non PNS); dan
  4. Online Academy (OA) , program pelatihan secara online bagi masyarakat umum termasuk ASN, mahasiswa, dan pelaku industri.

Setelah membaca semua persyaratan, mulai deh coba – coba daftar dan mengikuti semua rangkaian pendaftaran dan test substansi. Saya memilih program online academy. Tema pelatihannya pun bermacam – macam, mulai dari Android, Artificial Intelligence, Associate Cloud Engineer, Big Data, CCNA Cybersecurity Operation, CCNA Security, Digital Skills, Digital Policy, IT Essentials sampai Programming Essentials in Python. Dari beberapa tema pelatihan tersebut saya memilih Big Data.

Setelah mengikuti test substansi dan menunggu pengumuman akhirnya tanggal 1 Agustus 2019 pengumuman itu sudah bisa dilihat di halaman website digitalent kominfo. Alhamdulillah nomor 12054 hasilnya diterima menjadi calon peserta DTS ya. Masih ada dokumen yang harus ditandatangani sebagai syarat untuk menjadi peserta digital talent.

Pengumuman-hasil-seleksi-calon-peserta-Digital-Talent-Scholarship-2019

DTS 2019 bekerjasama dengan mitra global penyelenggara pelatihan Amazon Web Service (AWS) untuk pelatihan big data. Berikut silabus untuk pelatihan Big Data pada DTS 2019. Semoga dapat mengikuti pelatihan ini dengan baik dan bermanfaat untuk di kemudian hari.

Silabus-Big-Data-DTS-2019

2 tanggapan untuk “Digital Talent Scholarship 2019

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: