Menggunakan Google Analytics Untuk Laporan Pekerjaan di Kantor

Beberapa waktu yang lalu, obrolan santai tapi serius dengan beberapa pejabat eselon di lingkungan saya bekerja membuat saya berpikir untuk mencari cara memenuhi kebutuhan yang mereka inginkan. Para pejabat tersebut menginginkan laporan mengenai beberapa data dan informasi pengguna layanan website aplikasi yang saya dan tim sediakan setiap bulan, minggu, bahkan setiap harinya.

Keesokan harinya. Setelah membaca beberapa artikel di internet, akhirnya saya menemukan sebuah alat pembantu yang saya dan tim butuhkan. Google Analytics. Ya benar, alat yang sebenarnya sudah saya pakai untuk menampilkan traffic website saya. Kali ini saya akan berbagi informasi dan tutorial mengenai Google Analytics yang saya pakai untuk keperluan pekerjaan di kantor.

Mengapa harus Google Analytics?

Sebenarnya banyak pertanyaan yang muncul pada saat mengobrol santai terkait layanan data center dan disaster recovery center di kantor saya dari banyaknya aplikasi web yang di-“titip”-kan kepada sistem layanan tersebut meskipun sesungguhnya informasi itu sebenarnya diperlukan untuk para pengembang masing – masing aplikasi di kedeputian teknis. Pertanyaan itu diantaranya:

  • Berapa banyak orang yang mengunjungi website saya?
  • Di mana lokasi web visitor saya?
  • Apakah saya memerlukan website yang mobile-friendly?
  • Website apa yang mengarahkan traffic ke website saya?
  • Page mana di website saya yang paling sering dikunjungi?
  • Dari mana pengunjung saya yang terkonversi berasal?
  • Bagaimana cara meningkatkan kecepatan website saya?
  • Konten apa yang paling disukai oleh pengunjung website saya?

Ada banyak sekali pertanyaan lainnya tetapi obrolan santai pada waktu itu menjurus ke pertanyaan – pertanyaan diatas yang mungkin bisa terjawab oleh penggunaan Google Analytics. Dan pada akhirya saya dan tim memutuskan untuk menggunakan Google Analytics untuk membantu memenuhi laporan perkerjaan di kantor

2 tanggapan untuk “Menggunakan Google Analytics Untuk Laporan Pekerjaan di Kantor

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: