Networking Dinner Dengan Wakil Duta Besar Australia Untuk Indonesia

Salah satu pengalaman yang sangat membanggakan bagi saya karena baru pertama kali saya diundang makan malam bersama Wakil Duta Besar Australia untuk Indonesia, Mr. Allaster Cox sebelum saya berangkat ke Australia. Saya bersama 22 peserta lainnya menghadiri membahas persiapan kursus singkat yang diselenggarakan oleh Australia Award Indonesia mengenai “Better Climate Services Weather Data Management Using Big Data & AI“. Acara makan malam ini juga dihadiri oleh Kepala BMKG, Ibu Dwikorita Karnawati dan Deputi Bidang Klimatologi BMKG, Bapak Herizal.

Kedutaan Besar Australia

Kedutaan Besar Australia menyampaikan bahwa BMKG sangat bersemangat dalam mendukung acara kursus singkat ini karena topik, usulan dan gagasan dari “Better Climate Services Weather Data Management Using Big Data & AI” sangat penting dari BMKG. Tidak hanya itu, keinginan yang kuat dari BMKG untuk bekerja sama dengan Australia semoga bisa memberikan hasil yang baik di masa depan. Mr. Allaster Cox berharap setelah kembali ke Jakarta, peserta memiliki kemampuan dan keahlian untuk menjadi trainer.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika

Dalam sambutannya, Ibu Dwikorita Karnawati menyebutkan bahwa tantangan terbesar saat ini adalah fenomena iklim dan cuaca yang semakin kompleks karena pengaruh global dan pengaruh kondisi lokal Indonesia yang menyebabkan prediksi cuaca semakin sulit. Cara yang tepat dan dapat dicapai adalah dengan memanfaatkan teknologi. Namun, pemanfaatan teknologi memerlukan keahlian sehingga peningkatan kapasitas sumber daya manusia menjadi suatu keharusan. Integrasi iklim dan artificial intelligence sangat jarang dilakukan dan ini merupakan hal yang baru pertama kali dilakukan oleh BMKG.

3 tanggapan untuk “Networking Dinner Dengan Wakil Duta Besar Australia Untuk Indonesia

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: